Artikel ini memberikan ringkasan kolom umum dan kolom yang hanya tersedia saat Anda melihat kumpulan data tertentu.
Tips
Kolom umum
Kolom tertentu dapat ditemukan di hampir setiap halaman di akun Google Ads.
Kolom yang direkomendasikan
Kolom "Status" di halaman "Kampanye" dan Grup iklan" menampilkan informasi tentang status terkini masing-masing kampanye atau grup iklan dan apakah kampanye atau grup iklan tersebut dijeda, dihapus, dibatasi anggaran, atau status lainnya.
- Di halaman "Iklan & ekstensi", kolom "Status" menampilkan apakah iklan Anda berjalan atau tidak dan, jika tidak, apakah iklan tersebut dijeda, dihapus, atau tidak disetujui.
- Halaman "Kata kunci" menampilkan apakah setiap kata kunci memenuhi syarat untuk memicu iklan atau apakah kampanye atau iklan yang ada di dalam kampanye tersebut ditandai sebagai dijeda, dihapus, tidak disetujui, atau status lainnya.
Dapatkan informasi selengkapnya tentang status kampanye, grup iklan, iklan, dan kata kunci.
Saat melihat tabel statistik, Anda dapat melihat kolom Performa berikut secara default:
- Klik - Jika seseorang mengklik iklan Anda, misalnya pada judul iklan teks yang berwarna biru, kami menghitungnya sebagai klik.
- Tayangan - Tayangan dihitung setiap kali iklan Anda ditampilkan pada halaman hasil penelusuran atau situs lain di Jaringan Google. "Tayangan" disingkat sebagai "Tygn."
- CTR - Rasio yang menampilkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan Anda pada akhirnya mengklik iklan tersebut. CTR dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik performa kata kunci dan iklan Anda.
- CPC Rata-rata - Jumlah yang dibayar untuk iklan dibagi dengan total klik Anda.
- CPM Rata-rata - Jumlah biaya rata-rata yang ditagihkan kepada Anda per 1.000 tampilan iklan (jika Anda menggunakan bidding CPM).
- Biaya - Biaya merupakan total pembelanjaan untuk semua interaksi, seperti klik untuk iklan teks dan tampilan untuk iklan video.
Kolom performa lintas kampanye
Kolom konversi

Kolom atribusi
Kolom atribut
- Jenis strategi bidding: Nama strategi bidding yang mengelola bid untuk kata kunci, grup iklan, atau kampanye Anda. Misalnya, jika kampanye Anda menggunakan bidding CPC manual, Anda akan melihat "CPC" dalam kolom ini. Atau, jika kampanye Anda menggunakan bidding otomatis, Anda akan melihat "Otomatis" dalam kolom ini. Anda mungkin juga melihat "(ditingkatkan)", yang artinya Google Ads menyesuaikan bid CPC maks. Anda untuk mencapai sasaran, seperti memaksimalkan konversi.
- Strategi bidding: Ini adalah strategi bidding portfolio otomatis yang mengelola bid untuk kata kunci, grup iklan, atau kampanye. Perhatikan bahwa dalam kolom ini, Anda akan melihat nama yang Anda buat untuk strategi bidding fleksibel. Jika tidak menggunakan strategi bidding fleksibel, Anda akan melihat tanda pisah "-".
Kolom detail panggilan
Kolom yang hanya muncul pada halaman tertentu
Beberapa kolom hanya dapat ditemukan pada halaman akun Google Ads tertentu. Berikut adalah hal yang dapat Anda ketahui dari kolom tersebut tentang performa Anda:
% aktif (khusus Shopping)Kolom "% aktif" menampilkan jumlah produk aktif saat ini di grup produk Anda dibagi dengan jumlah produk saat ini yang dikirimkan untuk grup produk tersebut. Anda dapat menggunakan kolom ini untuk membantu memahami bagaimana data produk dan setelan kampanye memengaruhi performa grup produk Anda.
Artinya
Agar aktif, produk harus memenuhi persyaratan berikut:
- Produk disetujui di akun Merchant Center.
- Produk aktif. Kampanye dan grup iklan produk diaktifkan dan grup produknya tidak dikecualikan.
Jika produk tidak aktif, produk tidak akan dapat ditampilkan dan Anda mungkin akan kehilangan lalu lintas.
Contoh
Jika grup produk Anda ditetapkan menjadi "Dikecualikan", 0% produk Anda aktif. Ini berarti tidak ada produk Anda yang dapat ditampilkan.
Pemecahan masalah
Anda dapat menggunakan kolom "Status produk" di halaman "Produk" untuk memahami alasan masing-masing produk tidak aktif. Berikut beberapa alasan yang umum dan tindakan yang dapat Anda lakukan.
-
Produk Anda tidak disetujui di akun Merchant Center. Bila produk tidak disetujui, produk tidak akan tersedia di kampanye Belanja. Anda dapat memeriksa status produk di beberapa tempat untuk memahami mengapa produk tidak disetujui:
- Kolom status produk di tab produk AdWords. Pelajari lebih lanjut kolom status produk.
- Tab diagnostik atau tab produk di Merchant Center. Pelajari lebih lanjut status produk di Merchant Center.
- Produk Anda disetujui tetapi tidak aktif. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Kampanye atau grup iklan mungkin dijeda atau dihapus. Nilai BPK maks. grup produk mungkin telah ditetapkan menjadi "Dikecualikan".
Kolom "% disetujui" menampilkan jumlah produk yang disetujui saat ini dalam grup produk Anda dibagi dengan jumlah produk saat ini yang dikirimkan untuk grup produk tersebut. Anda dapat menggunakan kolom ini untuk membantu memahami bagaimana data produk memengaruhi performa grup produk Anda.
Artinya
Agar disetujui, sebuah produk harus disetujui di akun Merchant Center Anda. Produk yang disetujui memenuhi kebijakan dan persyaratan kualitas data kami.
Jika produk tidak disetujui, produk tidak akan dapat ditampilkan dan Anda mungkin akan kehilangan lalu lintas.
Contoh
Jika grup produk Anda memiliki 80 produk yang dikirim dan 60 produk yang disetujui, berarti 75% produk Anda disetujui. Ini berarti 25% produk Anda tidak dapat ditampilkan.
Pemecahan masalah
Ada beberapa alasan yang membuat produk tidak disetujui. Anda dapat memeriksa status produk di beberapa tempat untuk memahami mengapa produk tidak disetujui:
- Kolom status produk di tab produk AdWords. Pelajari lebih lanjut kolom status produk.
- Tab diagnostik atau tab produk di Merchant Center. Pelajari lebih lanjut status produk di Merchant Center.
"% siap tayang" adalah jumlah produk saat ini yang siap ditayangkan di grup produk Anda dibagi dengan jumlah produk saat ini yang dikirim untuk grup produk tersebut. Anda dapat menggunakan kolom ini untuk membantu memahami bagaimana data produk dan setelan kampanye memengaruhi performa grup produk.
Artinya
Agar siap ditayangkan, produk harus memenuhi persyaratan berikut:
- Produk disetujui di akun Merchant Center.
- Produk aktif. Kampanye dan grup iklan produk diaktifkan dan grup produknya tidak dikecualikan.
- Produk siap ditayangkan. Stok produk tersedia.
Jika produk tidak siap ditayangkan, produk tidak dapat ditampilkan dan Anda mungkin akan kehilangan lalu lintas. Produk siap tayang layak berpartisipasi dalam lelang iklan, tetapi tidak ada jaminan bagi produk tersebut untuk mendapatkan tayangan atau klik. Jika produk siap tayang tetapi tidak menerima tayangan, mungkin dikarenakan tawaran terlalu rendah, anggaran terbatas, atau sangat sedikit penelusuran pengguna yang dapat dicocokkan. Jika ada beberapa penelusuran pengguna yang dapat dicocokkan, pertimbangkan untuk menambahkan detail lebih banyak pada judul dan deskripsi produk.
Contoh
Jika grup produk Anda memiliki 10 produk yang dikirim tetapi ada 4 produk yang habis, 60% produk Anda siap tayang. Artinya, 40% produk Anda tidak akan ditampilkan di iklan.
Pemecahan masalah
Anda dapat menggunakan kolom "Status produk" di halaman "Produk" untuk memahami alasan produk individual tidak siap tayang. Berikut beberapa alasan yang umum dan tindakan yang dapat Anda lakukan.
-
Produk Anda tidak disetujui di akun Merchant Center. Bila produk tidak disetujui, produk tidak akan tersedia di kampanye Belanja. Anda dapat memeriksa status produk di beberapa tempat untuk memahami mengapa produk tidak disetujui:
- Kolom status produk di tab produk AdWords. Pelajari lebih lanjut kolom status produk.
- Tab diagnostik atau tab produk di Merchant Center. Pelajari lebih lanjut status produk di Merchant Center.
- Produk Anda disetujui tetapi tidak aktif. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Kampanye atau grup iklan mungkin dijeda atau dihapus. Nilai BPK maks. grup produk mungkin telah ditetapkan menjadi "Dikecualikan".
- Produk Anda sudah habis. Anda memberikan ketersediaan produk menggunakan atribut
ketersediaan
di data produk. Jika ketersediaan produk ditetapkan kehabis
, produk itu tidak akan siap ditayangkan. Ketika produk tersedia untuk dibeli, pastikan untuk memperbarui atribut produk untuk menunjukkan bahwa stok produk tersebut tersedia. Pelajari lebih lanjut atributketersediaan
.
Kolom ini menunjukkan persentase waktu iklan yang ditampilkan dibandingkan dengan iklan aktif lainnya di dalam grup iklan yang sama. Kolom ini hanya tersedia di halaman "Iklan & ekstensi".
Tips
Saat Anda membandingkan % yang ditayangkan di antara 2 iklan, pastikan untuk menyesuaikan rentang tanggal dengan periode waktu saat kedua iklan berjalan guna menghasilkan perbandingan yang akurat.
Jika persentase penayangan iklan atau jumlah tayangan yang diperoleh untuk setiap iklan dalam grup iklan Anda berbeda, itu merupakan hal yang wajar. Faktor-faktor berikut memengaruhi seberapa sering iklan tertentu ditayangkan:
- Rotasi Iklan
Secara default, semua kampanye ditetapkan ke penayangan iklan yang dioptimalkan. Hal ini berarti bahwa jika satu iklan memiliki rasio klik-tayang (CTR) yang lebih tinggi, iklan ini akan lebih sering ditampilkan dibandingkan iklan lainnya dalam grup iklan Anda. Sistem ini secara otomatis memprioritaskan iklan berperforma lebih baik yang mengarahkan lebih banyak traffic ke situs Anda.
Anda dapat memilih untuk tidak menggunakan penayangan iklan yang dioptimalkan jika Anda ingin sistem Google Ads merotasi iklan Anda kurang lebih secara merata. Jika Anda melakukannya, perhatikan bahwa iklan Anda masih mungkin memperoleh persentase penayangan iklan atau jumlah tayangan yang berbeda. Hal ini karena sistem Google Ads mempertimbangkan Skor Kualitas iklan saat memberikannya peringkat di halaman hasil penelusuran. Iklan dengan Skor Kualitas tinggi dapat muncul pada halaman pertama hasil penelusuran tempat iklan memperoleh tayangan setiap kali ditayangkan. Sebaliknya, iklan dengan Skor Kualitas yang rendah dapat muncul pada halaman kedua hasil penelusuran tempat iklan hanya memperoleh tayangan jika pengguna mengklik ke halaman tersebut.
- Waktu
Jika dibuat pada penghujung hari, iklan akan memiliki persentase penayangan iklan yang lebih rendah pada penghujung hari dibandingkan iklan yang ada. Perbedaan ini akan berkurang dari waktu ke waktu.
- Status persetujuan
Jika belum ditinjau dan disetujui, iklan hanya akan muncul di Google. Jika belum menghasilkan tayangan di Jaringan Google, iklan akan memiliki persentase penayangan iklan yang lebih rendah.
Penyesuaian bid aktif adalah jenis penyesuaian bid yang telah Anda tetapkan. Jika Anda telah menetapkan penyesuaian bid seluler, misalnya Anda akan melihat "Perangkat". Anda dapat meningkatkan atau menurunkan bid Anda secara lebih atau kurang kompetitif di seluruh perangkat, lokasi, waktu, dan lain-lain. Penyesuaian bid memberi Anda lebih banyak kontrol terhadap waktu dan tempat iklan Anda ditampilkan.
Ini adalah nomor ID individual iklan Anda.
Kolom ini menunjukkan jenis iklan yang Anda jalankan: teks, gambar, seluler, atau video.
Kolom ini menampilkan estimasi bagaimana berbagai perubahan bid dapat memengaruhi traffic Search Network mingguan. Estimasi umumnya diperbarui satu kali sehari, dan mencerminkan aktivitas 7 hari terakhir di akun Anda dari hari penghitungan estimasi (hingga 7 hari lalu). Kolom bid simulator tersedia di tingkat kata kunci, dan di tingkat kampanye untuk penyesuaian bid perangkat. Lihat bagian di bawah untuk informasi tentang masing-masing kolom.
Tanda “--” pada kolom berarti tidak ada cukup data untuk menghasilkan estimasi selama 7 hari terakhir.
Perhatikan bahwa kolom bid simulator berisi estimasi tentang bagaimana bid alternatif dapat memengaruhi performa iklan Anda di masa lalu. Estimasi tersebut tidak dimaksudkan untuk dijadikan sebagai prediksi atau jaminan untuk performa iklan di masa mendatang. Kolom ini tidak akan menghasilkan estimasi untuk kampanye yang menggunakan bidding CPC otomatis atau CPA Target, atau untuk kampanye yang menghabiskan seluruh anggaran hariannya secara rutin.
Kolom bid simulator kata kunci
Kolom untuk bid simulator dengan kampanye Jaringan Penelusuran dan Jaringan Display tersedia di halaman "Kata kunci".
Kolom "CPC maks. dasar” mencantumkan bid yang digunakan Google Ads untuk membuat estimasi klik dan biaya untuk kolom bid simulator lainnya. Lihat kolom tersebut dan bukan kolom “Bid CPC maks.” saat mengevaluasi hasil bid simulator. Bid CPC Maks. Anda saat ini mungkin telah berubah sejak Google Ads membuat estimasi.
Kolom penyesuaian bid perangkat tingkat kampanye
Anda juga dapat melihat kolom bid simulator untuk penyesuaian bid perangkat di tingkat kampanye. Anda dapat menemukan kolom ini di tab Perangkat pada tab Setelan.
Kolom “Peny. bid dasar” mencantumkan penyesuaian bid yang digunakan Google Ads untuk membuat estimasi untuk kolom bid simulator lainnya. Lihat kolom ini saat mengevaluasi hasil bid simulator. Penyesuaian bid Anda saat ini mungkin telah berubah sejak Google Ads membuat estimasi.
Estimasi di kolom bid simulator ini mengasumsikan bahwa semua penyesuaian bid tingkat grup iklan telah dihapus.
Pangsa klik merupakan klik yang Anda terima di Search Network dibagi dengan estimasi jumlah klik maksimum yang dapat Anda terima.
Jumlah maksimum klik yang dapat Anda terima akan tergantung pada keunggulan iklan dan jumlah iklan yang Anda tampilkan untuk kueri penelusuran. Kedua faktor tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, termasuk bid dan keseluruhan kualitas serta relevansi iklan Anda.
Kolom ini tersedia di halaman "Grup produk". Pelajari pangsa klik lebih lanjut.
Kolom ini menampilkan total biaya yang dikumpulkan kampanye selama jangka waktu yang Anda pilih.
Kolom ini hanya tersedia di halaman "Kampanye".
Biaya per klik maksimum (CPC maks.) default adalah jumlah tertinggi yang bersedia Anda bayar untuk sebuah klik. Bid CPC maks. default Anda ditetapkan di tingkat grup iklan, tetapi Anda dapat menggantinya dengan menetapkan CPC maks. tertentu untuk setiap kata kunci. Perhatikan bahwa Anda tidak akan membayar lebih dari jumlah CPC maks. Anda, dan sering kali Anda akan membayar lebih sedikit. Anda dapat melihat jumlah rata-rata yang Anda bayar untuk klik pada kolom CPC rata2".
Anda mungkin melihat label "otomatis" atau "(enhanced)" di samping bid Anda. Berikut adalah artinya:
- Otomatis: Ini berarti Google Ads secara otomatis menetapkan bid yang Anda lihat dalam kolom ini. Misalnya, Anda mungkin melihat label "Otomatis" jika kampanye Anda menggunakan bidding otomatis atau strategi bidding portfolio target ROAS. Perhatikan bahwa jumlah bid tersebut tidak dapat diedit.
- Disempurnakan: Hal ini berarti sistem Google Ads menyesuaikan bid yang ditampilkan berdasarkan lelang per lelang untuk mencapai sasaran strategi bidding yang Anda gunakan, seperti memaksimalkan konversi untuk Enhanced CPC atau memaksimalkan nilai konversi untuk target ROAS. Perhatikan bahwa untuk setiap kata kunci dalam grup iklan ini yang menggunakan bid default, Google Ads mencoba menetapkan bid ke nilai perkiraan rata-rata dari bid yang ditampilkan.
Perhatikan bahwa bid untuk sebagian strategi bidding, seperti target ROAS, dapat secara otomatis ditetapkan dan ditingkatkan. Jika Anda menggunakan Target ROAS, bid yang ditampilkan tidak digunakan untuk lelang Display Network.
Kolom "CPC Maks. Default" hanya tersedia di halaman "Grup iklan".
Di kampanye Shopping, Anda menggunakan grup produk untuk menetapkan bid di produk Anda. Anda dapat memeriksa bid untuk setiap produk dengan menggunakan kolom "CPC maks. efektif" di halaman "Produk". CPC maks. efektif adalah bid yang digunakan dalam lelang iklan untuk menentukan peringkat produk Anda. Ini adalah bid tertinggi untuk setiap produk dalam kampanye atau grup iklan yang Anda pilih, bahkan dengan memperhitungkan prioritas kampanye.
Artinya
Biaya per klik maksimum efektif adalah jumlah terbesar yang bersedia Anda bid untuk setiap produk di grup iklan Anda. Jika sebuah produk dikecualikan atau jika kampanye atau grup iklan tidak diaktifkan, Anda akan melihat " -", bukan jumlah bid CPC maks.
Nilai yang Anda lihat tidak mencakup setelan kampanye berikut:
- Penyesuaian bid. Artinya Anda mungkin mengajukan bid lebih tinggi berdasarkan penyesuaian bid yang telah ditetapkan. Misalnya, jika Anda melakukan penyesuaian bid seluler sebesar 300%, CPC maks. efektif Anda sebesar Rp10.000 dapat naik menjadi Rp30.000 saat melakukan bidding untuk iklan seluler. Pelajari penyesuaian bid lebih lanjut
Contoh
Anda memiliki kampanye "Sepatu" dengan produk "Fast Sneaker" dalam dua grup iklan. Satu grup iklan menggunakan bid CPC maks. sebesar Rp12.000 untuk "Fast Sneaker", sedangkan grup iklan lainnya menggunakan bid sebesar Rp30.000. Saat Anda melihat "Fast Sneaker" di halaman "Produk" dalam kampanye, Anda akan melihat CPC maks. efektif sebesar Rp30.000, karena ini adalah jumlah terbesar yang bersedia Anda bid di semua grup iklan yang berisi "Fast Sneaker".
Metrik "Est. bid halaman pertama", Est. bid halaman bagian atas", dan "Est. bid posisi pertama" memperkirakan bid biaya per klik (CPC) yang diperlukan agar iklan Anda mencapai halaman pertama, bagian atas halaman, posisi iklan pertama dalam hasil penelusuran Google masing-masing jika sebuah istilah penelusuran sama persis dengan kata kunci Anda. Estimasi didasarkan pada Skor Kualitas dan persaingan pengiklan saat ini untuk kata kunci tersebut.
Pada kasus yang jarang terjadi, "Est. bid halaman bagian atas" dan "Est. bid posisi pertama" dapat melampaui Rp1.000.000 dan dinyatakan sebagai >= Rp1.000.000. Saat melihat "Est. bid halaman bagian atas" dan "Est. bid posisi pertama" dalam mata uang lain, Anda dapat melihat anotasi serupa untuk nilai yang setara Rp1.000.000 dalam mata uang pilihan Anda.
Perhatikan bahwa estimasi tersebut tidak menjamin penempatan. Posisi iklan dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk aktivitas pengiklan lain, aktivitas pengguna penelusuran, setelan akun, dan aktivitas akun seperti perubahan anggaran. Karena alasan tersebut, iklan Anda mungkin tidak tampil di halaman pertama atau bagian atas halaman, meskipun Anda memenuhi jumlah estimasi.
Kolom ini hanya tersedia di halaman "Kata kunci".
Kolom ini antara lain dapat ditemukan di halaman "Kata kunci". Jika Anda menetapkan URL final level kata kunci, maka akan menjadi prioritas di atas URL final yang Anda tetapkan untuk masing-masing iklan. Misalnya, Anda memilih hal berikut:
- URL final iklan: www.example.com
- URL final kata kunci: www.example.com/buah
Jika iklan Anda dipicu dengan kata kunci "apel", maka iklan akan menggunakan "www.example.com/buah" bukan "www.example.com" sebagai URL finalnya.
Jika Anda memilih untuk menjalankan iklan gambar di Jaringan Display, gambarnya disimpan di server Google dan dirujuk dari URL ini.
Pangsa tayangan adalah persentase tayangan yang Anda terima dibagi dengan jumlah estimasi tayangan yang valid Anda terima. Kelayakan didasarkan pada setelan penargetan, status persetujuan, bid, dan Skor Kualitas iklan Anda saat ini. Dapatkan detail selengkapnya tentang pangsa tayangan, pangsa tygn. yang hilang, dan Pangsa tygn. pencocokan persis.
Kolom ini tersedia di halaman "Kampanye" dan "Grup iklan".
Kolom ini menunjukkan jumlah dan persentase klik yang diklasifikasikan sebagai tidak valid dan secara otomatis difilter dari akun Anda. Anda tidak ditagih biaya untuk klik tersebut dan klik tersebut tidak akan memengaruhi statistik akun Anda. Pelajari klik tidak valid lebih lanjut.
Kolom ini hanya tersedia di halaman "Kampanye".
Untuk kampanye yang menargetkan Jaringan Penelusuran Google, Anda dapat menggunakan jenis pencocokan kata kunci berikut: pencocokan luas, pencocokan frasa, atau pencocokan persis. Opsi pencocokan kata kunci tersebut membantu Anda mengontrol siapa saja yang melihat iklan. Anda dapat melihat lebih banyak tayangan iklan, klik, dan konversi dengan sebagian jenis pencocokan atau lebih sedikit tayangan dan penargetan yang lebih sempit dengan yang lain. Kolom "Jenis pencocokan" menunjukkan setelan yang Anda pilih untuk setiap kata kunci dan memungkinkan Anda mengubah setelan. Kolom ini terletak di halaman "Kata kunci". Pelajari jenis pencocokan kata kunci lebih lanjut.
Metrik jenis pencocokan tambahan juga tersedia di Google Ads:
Segmen jenis pencocokan istilah penelusuran: Lihat data kata kunci Anda yang disegmentasi berdasarkan "jenis pencocokan istilah penelusuran", yang merupakan istilah penelusuran yang memicu iklan yang dikelompokkan menjadi pencocokan luas, pencocokan frasa, dan pencocokan persis. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan statistik seperti klik, tayangan, rasio klik-tayang (CTR), atau rasio konversi untuk istilah penelusuran yang memicu iklan Anda. Gunakan opsi segmentasi ini untuk mengidentifikasi kata kunci yang mendorong performa terbaik untuk jenis pencocokan tertentu.
Kolom "Jenis pencocokan" di laporan istilah penelusuran: Kolom yang ada di laporan istilah penelusuran ini memberi tahu Anda jenis pencocokan yang memungkinkan pengguna melihat iklan Anda saat mereka menelusuri istilah tertentu. Gunakan informasi ini untuk menyempurnakan daftar kata kunci Anda.
Biaya per klik maksimum (CPC maks.) adalah jumlah tertinggi yang bersedia Anda bayar untuk sebuah klik. Anda dapat menetapkan CPC maks. tertentu untuk setiap kata kunci jika Anda ingin menetapkan bid yang lebih tinggi atau lebih rendah untuk setiap kata kunci berdasarkan performanya. Perhatikan bahwa Anda tidak akan membayar lebih dari jumlah CPC maks. Anda, dan sering kali Anda akan membayar lebih sedikit. Anda dapat melihat jumlah rata-rata yang Anda bayar untuk klik pada kolom CPC rata2".
Anda mungkin melihat label "otomatis" atau "(enhanced)" di samping bid Anda. Berikut adalah artinya:
- Otomatis: Ini berarti Google Ads secara otomatis menetapkan bid yang Anda lihat dalam kolom ini. Misalnya, Anda mungkin melihat label "Otomatis" jika kampanye Anda menggunakan bidding otomatis atau strategi bidding fleksibel target ROAS. Perhatikan bahwa jumlah bid tersebut tidak dapat diedit.
- Disempurnakan: Hal ini berarti sistem Google Ads menyesuaikan bid yang ditampilkan berdasarkan lelang per lelang untuk mencapai sasaran strategi bidding yang Anda gunakan, seperti memaksimalkan konversi untuk Enhanced CPC atau memaksimalkan nilai konversi untuk target ROAS. Perhatikan bahwa untuk setiap kata kunci dalam grup iklan ini yang menggunakan bid default, Google Ads mencoba menetapkan bid ke nilai perkiraan rata-rata dari bid yang ditampilkan.
Perhatikan bahwa bid untuk sebagian strategi bidding, seperti target ROAS, dapat secara otomatis ditetapkan dan ditingkatkan. Jika Anda menggunakan Target ROAS, estimasi yang ditampilkan tidak digunakan untuk lelang Display Network.
Kolom "CPC maks." hanya tersedia di halaman "Grup produk", "Kata kunci", dan "Target iklan dinamis".
"Rasio klik mobile-friendly" merupakan persentase klik seluler yang mengarah ke halaman yang dianggap mobile friendly oleh Pengujian Situs Mobile-Friendly Google. Kolom ini tersedia di tab Halaman landing.
Jika halaman landing belum dianalisis atau kami tidak memiliki data yang cukup, kolom ini akan menampilkan "--".
Data mobile-friendly Anda dapat aktif hingga 14 hari. Jika baru-baru ini Anda memperbarui salah satu halaman, Anda harus menunggu hingga 14 hari agar perubahan tersebut tercermin dalam rasio klik mobile-friendly Anda.
Kolom "Status produk" menampilkan status produk individual saat ini dalam kampanye Anda. Kolom ini dapat membantu Anda memahami apakah produk Anda siap tayang atau tidak.
Artinya
Berikut status yang dapat muncul untuk sebuah produk dan tindakan yang dapat Anda lakukan:
- Tidak disetujui: Produk Anda tidak disetujui di akun Merchant Center. Jika produk tidak disetujui, produk tersebut tidak akan tersedia di kampanye Shopping. Anda akan melihat alasan penolakan di kolom status produk. Jika Anda mengklik balon kata-kata (
), Anda dapat melihat penjelasan yang lebih mendetail untuk status tidak disetujui tersebut dan tindakan yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya. Ingat bahwa Anda dapat selalu memeriksa status produk di Merchant Center untuk memahami alasan produk tidak disetujui. Pelajari status produk di Merchant Center lebih lanjut.
- Tidak aktif: Produk Anda berada di dalam kampanye yang tidak aktif. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Kampanye mungkin saja dijeda atau dihapus. Nilai CPC maks. grup produk mungkin telah ditetapkan ke "Dikecualikan".
- Belum siap tayang: Produk Anda sudah habis. Anda memberikan ketersediaan produk menggunakan atribut 'ketersediaan' di data produk. Jika ketersediaan produk Anda ditetapkan ke 'habis', produk tersebut tidak akan siap untuk ditayangkan. Saat produk tersedia untuk dibeli, pastikan Anda memperbarui atribut produk untuk menunjukkan bahwa stok produk tersebut tersedia. Pelajari atribut
ketersediaan
lebih lanjut. - Siap tayang: Produk Anda memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam lelang iklan. Produk siap tayang tidak dijamin untuk menerima tayangan atau klik. Jika produk siap tayang tetapi tidak menerima tayangan, mungkin dikarenakan bid terlalu rendah, anggaran terbatas, atau sangat sedikit penelusuran pengguna yang dapat dicocokkan. Jika ada beberapa penelusuran pengguna yang dapat dicocokkan, pertimbangkan untuk menambahkan detail lebih banyak pada judul dan deskripsi produk.
Contoh
Dalam kampanye "Sepatu" Anda, produk "Fast Sneaker" memiliki status produk "Ditolak". Artinya produk tersebut tidak valid untuk berpartisipasi dalam lelang iklan dan Anda perlu memecahkan masalahnya untuk membuat produk tersebut "Siap tayang".
Pemecahan masalah
Jika status produk tidak ditampilkan sebagai "Siap tayang", iklan untuk produk tersebut tidak akan dapat ditampilkan kepada calon pelanggan. Anda dapat menggunakan informasi status di atas untuk memahami mengapa status ini muncul dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya.
Kolom ini menampilkan jumlah produk di grup produk Anda yang saat ini aktif.
Artinya
Agar aktif, produk harus memenuhi persyaratan berikut:
- Produk disetujui di akun Merchant Center.
- Produk aktif. Kampanye dan grup iklan produk diaktifkan dan grup produknya tidak dikecualikan.
Jika produk tidak aktif, produk tidak akan dapat ditampilkan dan Anda mungkin akan kehilangan lalu lintas.
Contoh
Jika grup produk dikecualikan, berarti 0 produk aktif.
Pemecahan masalah
Anda dapat menggunakan kolom ini bersama dengan kolom "% aktif" untuk memahami berapa banyak dari produk Anda yang dikirim yang memiliki bid aktif. Jika Anda mengharapkan jumlah produk aktif yang lebih tinggi, pertimbangkan untuk meninjau data produk atau setelan kampanye untuk alasan berikut:
-
Produk Anda tidak disetujui di akun Merchant Center. Bila produk tidak disetujui, produk tidak akan tersedia di kampanye Belanja. Anda dapat memeriksa status produk di beberapa tempat untuk memahami mengapa produk tidak disetujui:
- Kolom status produk di tab produk AdWords. Pelajari lebih lanjut kolom status produk.
- Tab diagnostik atau tab produk di Merchant Center. Pelajari lebih lanjut status produk di Merchant Center.
- Produk Anda disetujui tetapi tidak aktif. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Kampanye atau grup iklan mungkin dijeda atau dihapus. Nilai BPK maks. grup produk mungkin telah ditetapkan menjadi "Dikecualikan".
Kolom ini menampilkan jumlah produk di grup produk Anda yang saat ini disetujui di Merchant Center.
Artinya
Agar dihitung sebagai disetujui, produk harus disetujui dalam akun Merchant Center. Produk yang disetujui memenuhi kebijakan dan persyaratan kualitas data kami.
Jika produk tidak disetujui, produk tidak akan dapat ditampilkan dan Anda mungkin akan kehilangan lalu lintas.
Contoh
Jika grup produk berisi 80 produk tetapi 20 produk tidak disetujui, Anda akan melihat 60 produk di kolom "produk disetujui".
Pemecahan masalah
Anda dapat menggunakan kolom ini bersama dengan kolom "% disetujui" untuk memahami berapa banyak dari produk Anda yang dikirim yang disetujui di Merchant Center. Jika Anda mengharapkan jumlah produk yang disetujui lebih tinggi, coba pecahkan masalah data produk. Anda dapat memeriksa status produk di beberapa tempat untuk memahami mengapa produk ditolak:
- Kolom status produk di tab produk Google Ads. Pelajari kolom status produk lebih lanjut.
- Di tab Diagnostik atau tab produk di Merchant Center. Pelajari status produk di Merchant Center lebih lanjut.
Kolom ini menampilkan jumlah produk di grup produk yang siap tayang dan valid untuk berpartisipasi dalam lelang iklan.
Artinya
Agar siap ditayangkan, produk harus memenuhi persyaratan berikut:
- Produk disetujui di akun Merchant Center.
- Produk aktif. Kampanye dan grup iklan produk diaktifkan dan grup produknya tidak dikecualikan.
- Produk siap ditayangkan. Stok produk tersedia.
Jika produk tidak siap ditayangkan, produk tidak dapat ditampilkan dan Anda mungkin akan kehilangan lalu lintas. Produk siap tayang layak berpartisipasi dalam lelang iklan, tetapi tidak ada jaminan bagi produk tersebut untuk mendapatkan tayangan atau klik. Jika produk siap tayang tetapi tidak menerima tayangan, mungkin dikarenakan tawaran terlalu rendah, anggaran terbatas, atau sangat sedikit penelusuran pengguna yang dapat dicocokkan. Jika ada beberapa penelusuran pengguna yang dapat dicocokkan, pertimbangkan untuk menambahkan detail lebih banyak pada judul dan deskripsi produk.
Contoh
Jika grup produk memiliki 10 produk yang dikirim tetapi 4 produk habis, berarti 6 dari produk Anda siap tayang.
Pemecahan masalah
Anda dapat menggunakan kolom ini bersama dengan kolom "% siap tayang" untuk mengetahui berapa banyak dari produk yang dikirim yang siap tayang. Jika Anda mengharapkan jumlah produk siap tayang yang lebih tinggi, pertimbangkan untuk meninjau data produk atau setelan kampanye untuk alasan berikut:
-
Produk Anda tidak disetujui di akun Merchant Center. Bila produk tidak disetujui, produk tidak akan tersedia di kampanye Belanja. Anda dapat memeriksa status produk di beberapa tempat untuk memahami mengapa produk tidak disetujui:
- Kolom status produk di tab produk AdWords. Pelajari lebih lanjut kolom status produk.
- Tab diagnostik atau tab produk di Merchant Center. Pelajari lebih lanjut status produk di Merchant Center.
- Produk Anda disetujui tetapi tidak aktif. Ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Kampanye atau grup iklan mungkin dijeda atau dihapus. Nilai BPK maks. grup produk mungkin telah ditetapkan menjadi "Dikecualikan".
- Produk Anda sudah habis. Anda memberikan ketersediaan produk menggunakan atribut
ketersediaan
di data produk. Jika ketersediaan produk ditetapkan kehabis
, produk itu tidak akan siap ditayangkan. Ketika produk tersedia untuk dibeli, pastikan untuk memperbarui atribut produk untuk menunjukkan bahwa stok produk tersebut tersedia. Pelajari lebih lanjut atributketersediaan
.
Kolom ini menampilkan jumlah produk di grup produk yang saat ini dikirim di akun Merchant Center Anda.
Artinya
Agar dihitung sebagai dikirim, produk harus ditambahkan di akun Merchant Center menggunakan data produk. Produk yang kedaluwarsa di akun Merchant Center tidak dihitung sebagai dikirim. Pelajari cara membuat dan mengirim data produk.
Jika produk tidak dikirim, produk tidak dapat ditampilkan.
Contoh
Anda menjual sepatu dan memiliki sebuah lini 20 sepatu kets yang berbeda. Anda sudah membuat data produk untuk 20 sepatu kets ini dan mengirimnya melalui Merchant Center. Hasilnya, Anda saat ini dapat melihat 20 produk yang dikirim di akun Google Ads. Namun, bisnis Anda baru mulai memiliki lini produk baru yang terdiri dari 10 sepatu kets selain 20 sepatu sebelumnya. Setelah menyiapkan data produk untuk sepatu baru dan mengirimnya ke Merchant Center, Anda akan memiliki 30 produk yang dikirim.
Pemecahan masalah
Jika Anda mengharapkan jumlah produk yang dikirim lebih tinggi, pastikan Anda telah mengirimkan data produk untuk produk yang terlewat. Pelajari cara membuat dan mengirim data produk.
Anda dapat menggunakan kolom ini bersama dengan kolom kampanye Shopping lainnya untuk memahami performa kampanye. Kolom lainnya yang dapat Anda gunakan mencakup berikut ini:
- Produk disetujui
- Produk aktif
- Produk siap tayang
- % disetujui
- % aktif
- % siap tayang
Kolom ini menampilkan Skor Kualitas kata kunci, yang merupakan ukuran terkait seberapa relevan dan bermanfaat iklan dan halaman landing Anda bagi orang yang melihat iklan Anda.
Kolom ini tersedia di halaman "Kata kunci".
CTR Relatif adalah ukuran performa iklan Anda di Jaringan Display dibandingkan dengan iklan pengiklan lainnya yang muncul di situs yang sama.
Kami menghitung CTR Relatif dengan membagi rasio klik-tayang Anda dengan rasio klik-tayang rata-rata dari semua pengiklan pada penempatan tempat iklan Anda ditampilkan. Karena kompetitif, metrik ini tidak statis. Metrik akan berubah sesuai dengan situs web tempat iklan Anda muncul dan hal apa yang pengiklan lainnya lakukan.
Contoh
Misalnya pengiklan yang menjual kamera digital mendapatkan CTR Display Network sebesar 0,05%. Pengiklan muncul di satu halaman tentang fotografi pada Display Network bersama tiga pengiklan lainnya. Pengiklan lainnya mendapatkan CTR sebesar 0,005%.
Pengiklan pertama mendapatkan CTR 10 kali lebih besar dibanding CTR pesaing (0,05%/0,005% = 10). Karena orang lebih berminat pada produk pengiklan ini, pengiklan ini mendapatkan CTR Relatif yang sangat tinggi (10).